Dua Malaikat Pencatat – Raqib Dan ‘Atid Dan Ketakutan Neraka

raqib dan ‘atid

Menurut agama Islam, cara kita hidup menentukan nasib sesudah mati. Agama juga mengajarkan bahwa Allah memperhatikan cara hidup kita.

Jadi, para penganut Islam sangat prihatin mengenai cara hidup mereka sehari-hari. Bahkan sebagian selalu takut mereka salah bertindak. Karena jika salah bertindak, mungkin akan mendapat penderitaan di neraka. Bagaimana menghilangkan ketakutan ini?

Tugas Dua “Pencatat yang Mulia”

Menurut ajaran agama Islam, dua malaikat yaitu Raqib dan ‘Atid (Kiraman-Katiban), menyertai setiap orang serta menulis amal dan keburukannya. 

mencatat amalan baik dan buruk

Raqib menulis segala amal kebaikan, ‘Atid semua amal keburukan.

Kepercayaan ini berdasarkan Surah Qaaf 50:17, “Yaitu ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.”

Jadi Anda pasti selalu menghormati ‘Atid dan Raqib pada akhir sholat, bukan?

Dua Pencatat ini Menyebabkan Ketakutan dalam Hati

ketakutan dalam hati

Kita akan gelisah jika tahu seseorang memperhatikan dan menilai setiap tingkah laku kita, bukan?

Bila Anda sensitif, akan lebih menakutkan jika Anda tahu malaikat mengikuti Anda dan terus-menerus mencatat semua kesalahan serta menilai semua amal. Anda pasti akan gelisah dan merasa tidak nyaman.

Ajaran agama Islam menekankan bahwa Raqib dan ‘Atid , menilai dan mencatat setiap pikiran, perasaan dan tindakan kita. Damaikah atau gelisahkah Anda? (Email kami tentang sikap Anda akan “Dua Pencatat” ini.)

Asal Usul Konsep Raqib dan ‘Atid

Memang ada ayat Al-Quran menyebut “Dua Pencatat Mulia ini.” Juga agama Yahudi kuno mengajarkan adanya dua malaikat macam ini. Menurut kepercayaannya, dua malaikat ini mengikuti setiap orang untuk mencatat semua tindakannya.

Kita yakin Allah Maha-tahu. Maka, Ia tidak memerlukan pertolongan malaikat untuk melaporkan setiap hal mengenai manusia. Oleh karena itu, ada orang yang merasa Dua Pencatat Mulia ini tidak eksis.

Kita Perlu Takut Akan Buku-buku Hari Penghakiman

Menurut akidah kita, Isa Al-Masih menjadi Hakim pada “Hari Penghakiman.” Hari itu Isa akan membuka dua buku. Satu adalah “Buku Perbuatan Manusia.” Yang lain adalah “Buku Hayat Anak Domba.”

buku hadayat anak domba

Bila nama Anda terdapat dalam “Buku Hayat Anak Domba,” Anda mendapat hidup kekal. Anda tidak akan mengalami penghakiman. Jika nama Anda tidak terdapat dalam “Buku Hayat Anak Domba,” Anda akan masuk ke dalam “Lautan Api” (Kitab Allah, Wahyu 3:5; 20:5, 15, 21:27).

Maka catatan ‘Raqib dan ‘Atid  tidak menentukan nasib kekal Anda. Jika Anda menerima pengampunan dosa dan percaya pada Isa Al-Masih, Kalimat Allah, nama Anda langsung tertulis dalam “Buku Hayat Anak Domba.” Akibatnya, Anda akan mendiami sorga selama-lamanya!

Silakan mengemail kami jika Anda ingin tahu bagaimana cara nama Anda dapat dimasukkan ke dalam “Buku Hayat Anak Domba” ini!

[Staf Takut Neraka – Untuk masukan atau pertanyaan mengenai artikel ini, silakan mengirim email kepada Staff Takut Neraka.]

Fokus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf Takut Neraka berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Mengapa pendiri agama Islam membentuk kepercayaan akan Raqib dan ‘Atid kalau Allah Maha-tahu? Jelaskanlah jawaban Anda.
  2. Bagaimana cara menghindari neraka dan menjamin supaya nama Anda tertulis dalam “Buku Hayat Anak Domba”?
  3. Mengapa agama selalu menyebabkan ketakutan dan tidak damai dalam hati kita? Mengapa orang beragama pada umumnya gelisah dan takut tentang nasib sesudah mati? 

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas atau ketakutan akan neraka maaf bila terpaksa kami hapus.

Ditulis oleh: Jason Gilead

4
Meninggalkan Komentar

1000
2 Comment threads
2 Thread replies
2 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
  Subscribe  
Beritahulah
Lorensius

~
Segala kemuliaan bagi Tuhan Yesus, biarlah segala yang bernafas memuji-Nya.

tn-komentar1

~
Terimakasih Sdr. Lorensius untuk komentar Anda di atas.
~
Staff TN

andrian

~
Nama saya Andrian, dan saya ingin mengetahui bagaimana nasib saya ke depan dan apa arti nama saya menurut Islam? Terimakasih.

tn-komentar1

~
Andrian,

Anda memberikan pertanyaan yang menarik. Ada orang yang memiliki pertanyaan mengenai makna nama mereka, tetapi ada juga yang tidak memikirkan hal itu. Tetapi Anda memikirkan hal itu. Itu bagus sekali. Tentu yang dapat menjelaskan arti nama Anda adalah orangtua Anda. Sebab orangtua Anda pasti memiliki dasar sehingga memberikan nama Andrian kepada Anda. Bila Anda meninjau dari etimologi, maka Anda dapat memeriksanya di internet. Tetapi makna sesungguhnya dan maksud orangtua memberikan nama tersebut adalah orangtua yang lebih tepat menjelaskan.

Bila kita mengacu pada artikel di atas, maka nasib seseorang di akhirat tidak ditentukan oleh nama, melainkan “percaya”. Benarkah Anda telah percaya kepada Allah atau kepada agama? Bila Anda percaya kepada agama, maka dapat saja Anda mengalami ketakutan sehingga Anda beragama. Jelas banyak orang beragama karena takut neraka, bukan? Apakah itu sebabnya Anda beragama? Kalau tidak, menjelaskan rahasia Anda untuk kehilangan rasa takut neraka.
~
Staff TN