Kunci Agar Anda Meninggal Husnul Khotimah

Di grup WA ada berita seorang Muslim wafat. Lalu kawan-kawan Muslim mengucapkan, “semoga husnul khotimah” bagi yang meninggal.  Jelaslah, meninggal husnul khotimah menjadi dambaan setiap orang.

Apakah Anda juga merindukan bisa pasti masuk surga? Ceritakanlah alasannya di sini.

Bagaimanakah kunci agar kita meninggal pasti husnul khotimah?

Husnul Khotimah – Kerinduan Semua Orang?

Makna husnul khotimah ialah akhir yang baik. Yaitu kembali diterima Tuhan dan menikmati surga-Nya, bukannya di hukum di neraka. Kerinduan seperti itu juga menjadi kerinduan setiap manusia.

Saya dan Anda pasti rindu beroleh akhir yang baik seperti itu, bukan? Kita rindu Tuhan mengampuni semua dosa-dosa kita dan menerima kita di surga-Nya.

Syarat Meraih Husnul Khotimah

Menurut ajaran Islam, mati husnul khotimah dapat diraih jika memenuhi beberapa syarat ini.

  1. Konsisten di atas ketaatan kepada Allah. Pondasi ketaatan adalah menauhidkan Allah SWT dalam segala bentuk peribadatan.
  2. Menjauhi segala bentuk kemaksiatan, yaitu perbuatan yang melanggar perintah Allah atau perbuatan dosa.
  3. Benar-benar bertaubat dengan segera dari segala bentuk kemaksiatan.
  4. Bersungguh-sungguh memohon kepada Allah SWT agar mewafatkan dirinya di atas iman dan takwa.
  5. Benar-benar berupaya semaksimal mungkin untuk membenahi lahir dan batin.

Syarat No.1 dan No. 2 di atas sangat berat, bahkan mustahil untuk kita penuhi. Dapatkah kita tidak berdosa sepanjang hidup kita? Tidak, bukan?

Sebaliknya, kita banyak melakukan dosa. Antara lain; berbohong, pornografi, bicara kotor, benci, dendam dan banyak lagi. Semua dosa-dosa itu mengakibatkan siksaan kekal di neraka.

Jaminan Meninggal Husnul Khotimah

Ketika menjadi manusia, Isa Al-Masih, Kalimatullah yang suci, rela disalib bersama dua orang penjahat. Penjahat yang satu tidak percaya kepada Isa Al-Masih dan mengejek-Nya.

Namun, penjahat satunya percaya kepada Isa Al-Masih. Lalu Isa Al-Masih berjanji kepadanya, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus [surga] (Injil, Rasul Lukas 23:43). Beroleh jaminan surga dari Isa Al-Masih adalah husnul khotimah.

Melalui penyaliban-Nya, Isa Al-Masih memikul hukuman dosa manusia. Maka Dia menjamin setiap orang yang beriman kepada-Nya beroleh penyucian dosa. Sehingga mereka pasti meninggal dunia husnul khotimah, yaitu masuk surga-Nya.

Jaminan Isa Al-Masih itu membuat umat-Nya hidup tenang dan damai selama di dunia. Mereka tidak takut menghadapi kematian. Maukah Anda menikmati itu semua?       

Kunci Agar Anda Dapat Masuk Surga

Karena itu setiap manusia – termasuk Anda dan keluarga – yang ingin terjamin meninggal dunia husnul khotimah wajib beriman kepada Isa-Al-Masih dan mengikuti ajaran-Nya.

Kami senang bila Anda mau mendiskusikan pokok ini dengan kami di email ini.

[Untuk masukan atau pertanyaan mengenai artikel ini, silakan mengirim email kepada Staff Takut Neraka.]

Fokus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf Takut Neraka berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Mengapa meninggal dunia husnul khotimah penting bagi Anda?
  2. Apa penyebab manusia tidak dapat pasti masuk surga?
  3. Bagaimana Isa Al-Masih menjamin umat-Nya hidup di surga selama-lamanya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas atau ketakutan akan neraka maaf bila terpaksa kami hapus.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahulah
4 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Edy
4 bulan yang lalu

~
Saya sangat tidak yakin logika saudara. Isa tidak mati disalib dan tidak mampu membantu orang masuk surga. Itu pikiran yang sangat keliru. Enak sekali jadi koruptor, penjahat, pelacur, maling masuk surga. Makanya mau melakukan segala cara.

Editor
tn-komentar1
4 bulan yang lalu
Reply to  Edy

~
Edy,

Saya menghargai pendapat Anda di atas. Walaupun saya menduga bahwa Anda tidak pernah membaca Injil secara menyeluruh dan membandingkannya dengan Al-Quran. Setiap orang yang telah menerima keselamatan dari Isa Al-Masih diajarkan untuk mengasihi Allah dan sesama. Isa Al-Masih berfirman, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini” (Injil, Rasul Markus 12:30-31).

Jika Isa Al-Masih mengajarkan untuk mengasihi Allah dan sesama, bagaimana mungkin orang yang sudah menerima rahmat keselamatan akan senang menjadi koruptor, penjahat dan sebagainya? Tentu tidak, bukan? Oh ya, setiap orang berusaha sekuat tenaga agar diterima Allah agar kematiannya kelak husnul khotimah. Ini adalah harapan semua orang, termasuk saudara, bukan? Saya yakin ketika orangtua anda meninggal pun, maka Anda pun mengharapkan demikian. Tetapi bagaimana Anda yakin dan pasti bahwa kematian Anda maupun orangtua Anda husnul khotimah? Bisa dijelaskah?
~
Staff TN

Anto
2 bulan yang lalu

~
Berbagi pengalaman nyata kembali dari kematian.

Editor
tn-komentar1
2 bulan yang lalu
Reply to  Anto

~
Anto,

Saya berterima kasih untuk kesediaan saudara berbagi artikel di forum ini. Saya minta maaf karena saya terpaksa menghapus link tersebut. Saya tidak mengijinkan adanya link website lain dicantumkan di sini. Mohon maaf untuk ketidaknyamanan ini. Bila Anda ingin membagikan pengalaman, maka saya tertarik untuk mengetahui pengalaman Anda berkenaan dengan hubungan Anda dan Allah SWT. Apakah Anda telah diselamatkan oleh Allah SWT dan pasti masuk sorga? Mengapa?
~
Staff TN