Siapakah Al-Muhaymin, Yang Memelihara Jiwa Dari Neraka?

pria membaca al-quran

Asma Al-Muhaymin berarti Allah Yang Maha Memelihara. Memang Allah berkuasa memelihara dan mencukupi kehidupan makhluknya di dunia.

Terlebih lagi, kita sangat membutuhkan Allah yang rela memelihara/menyelamatkan kita dari siksa api neraka, bukan?

Siapakah yang rela memelihara jiwa kita dari hukuman kekal itu?

Asma Al-Muhaymin dalam Islam

banyak tangan yang terbukaNama Al-Muhaymin terdapat dalam Qs 59:23, “Dia-lah Allah  . . . Yang Maha Memelihara (Al-Muhaymin) . . .” Ulama Islam menjelaskan, “Allah adalah Dzat yang memelihara segala makhluk-Nya dan memenuhi kebutuhan mereka . . . dengan memberinya makan, minum, pakaian . . . kesehatan dan kehidupan.”

Nasrani juga setuju akan kuasa Allah itu. Agama-agama lainnya juga mengakui Allah Yang Maha Memelihara.

Pertanyaan Terpenting Tentang Al-Muhaymin

Islam percaya bahwa Allah SWT Al-Muhaymin. Allah SWT menetapkan para Muslim masuk neraka (Qs 19:71-72). Pertanyaannya, “Mengapa Allah SWT tidak rela menyelamatkan atau memelihara jiwa manusia dari hukuman dosa di neraka kekal?”

Jika Tuhan yang kita imani tidak rela memelihara/menyelamatkan jiwa kita dari api neraka, mungkinkah Dia Maha Penyayang? Mungkinkah Dia mengasihi kita? Bukankah kerelaan Allah memelihara atau menyelamatkan kita dari siksa neraka membuktikan kuasa terbesar-Nya?

Tindakan Al-Muhaymin akan Kebutuhan Jasmani

Nama Al-Muhaymin mengingatkan kami pada mujizat-mujizat ajaib dalam Kitab Allah yang Isa Al-Masih kerjakan.

Isa berkuasa membuat “. . . orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat . . .” (Injil, Rasul Besar Matius 15:31). Dia dapat mengenyangkan 4.000 dan 5.000 orang hanya dengan beberapa roti dan ikan (Injil, Rasul Besar Matius 15:38; 14:21).

Isa Al-Masih berkuasa membangkitkan beberapa orang mati. Yaitu anak Yairus, anak seorang janda di kota Nain dan Lazarus. Bukankah ini salah satu alasan kuat untuk menamakan Al-Muhaymin bagi Isa Al-Masih?

Dapatkah Isa Al-Masih Memelihara Kita Dari Api Neraka?

Kecuali dapat memelihara kehidupan jasmani manusia, Isa Al-Masih juga berkuasa memelihara jiwa manusia dari siksaan kekal di neraka. Itulah bukti terbesar pemeliharaan-Nya.

Kitab Allah menyaksikan,“Ia [Isa Al-Masih] sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib . . . Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu” (Injil, Surat 1 Petrus 2:24-25).

Jadi hanya Isa Al-Masih yang berkuasa jadi Al-Muhaymin, Pemelihara jiwa kita dari neraka kekal. Sebab Ia rela menyelamatkan kita dari siksaan abadi.

Melalui penyaliban-Nya, Isa menggantikan hukuman dosa manusia. Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak akan menderita hukuman kekal di neraka, melainkan layak masuk sorga-Nya.

Percayalah kepada Isa Al-Masih, Al-Muhaymin, maka Anda pasti selamat dari siksa api neraka.

Sampaikanlah pendapatmu di sini akan kerelaan Isa Al-Masih itu.

Fokus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf Takut Neraka berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Jika Allah tidak rela memelihara jiwa kita dari api neraka, layakah dia disebut Allah yang Maha Memelihara? Mengapa?
  2. Menurut artikel di atas, siapakah Maha Memelihara sejati, Allah SWT ataukah Isa Al-Masih? Alasannya?
  3. Sebagai Al-Muhaymin Isa Al-Masih berkuasa memelihara kehidupan jasmani manusia. Ia juga rela memelihara jiwa manusia dari api neraka. Bagaimanakah seharusnya sikap kita kepada-Nya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas atau ketakutan akan neraka maaf bila terpaksa kami hapus.

Ditulis oleh: Sulaiman

6
Meninggalkan Komentar

1000
3 Comment threads
3 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
  Subscribe  
Beritahulah
Gandhi Waluyan

~
Oleh karena mukjizat Yesus bisa menyembuhkan orang buta, orang timpang bahkan menghidupkan orang mati atas ijin Allah, lalu dia dianggap Allah yang maha memelihara? Dan Allah yang telah menghadirkan dia melalui rahim Maria tanpa bapak biologis kalah? Allah maha memelihara, maha penyayang.

Dia mengutus nabi dan rasul-Nya untuk memberi petunjuk agar manusia selamat. Tapi banyak umat-Nya yang bebal malah si utusan dianggap Allah. Semoga kalian semua mendapat hidayah. Masih ada waktu anda utk berpikir logis. Dengan berkah bulan Ramadhan ini semoga Allahnya Yesus membuka pintu hidayah. Amin.

tn-komentar1

~
Isa Al-Masih memiliki kuasa tersebut dari diri-Nya sendiri tanpa pemberian siapapun. Injil menyatakan, “Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya” (Lukas 16:9). Mencermati apa yang disampaikan Injil, maka kita tahu kalau kuasa Isa Al-Masih berasal dari diri-Nya.

Bukankah ini menandakan bahwa Isa Al-Masih adalah Al Muhaymin, yang dapat memelihara Anda. Saya tanya Anda. Mengapa Al Muhaymin dalam Islam memasukan anda ke neraka? Bagaimana?
~
Staff TN

Gandhi Waluyan

~
Pernah baca Injil Yohanes 11 di mana Yesus berdoa meminta kepada Allah sebelum membangunkan Lazarus? Yesus juga berdoa agar yang meyiksanya di tiang salib diampuni (Lukas 23) artinya dia sendiri tidak punya kuasa mengampuni dosa manusia. Dan banyak lagi ayat-ayat tentang Yesus yang sangat lemah hingga dia harus berdoa.

Misalnya, di Taman Getsamni ketika ia akan ditangkap. Kalau saya hitung-hitung hampir 20 ayat Alkitab memceritakan Yesus berdoa kepada Allahnya. Jika orang masih berdoa, menunjukkan bahwa dia manusia lemah dan sama sekali tidak ada kuasa. Lalu Yohanes 17, dia berdoa agar murid-muridnya masuk surga. Artinya dia tidak punya kuasa untuk memasukkan muridnya ke dalam surga. Muridnya saja dia tidak punya kuasa, bagaimana dengan anda?

tn-komentar1

~
Nampaknya Anda perlu mempelajari Injil secara menyeluruh agar memahami hakikat Isa Al-Masih sesungguhnya. Isa Al-Masih adalah Allah yang menjadi manusia (Yohanes 1:1, 14). Dengan demikian, Isa Al-Masih adalah Allah dan manusia. Bukankah Allah mahakuasa? Itu sebabnya, Isa Al-Masih berdoa kepada Bapa untuk menjalin komunikasi.

Mengacu pada hakikat Isa Al-Masih, maka hanya Isa Al-Masih yang dapat memelihara jiwa dari neraka. Saya tanya Anda. Apakah Allah SWT bisa memelihara jiwa Anda dari neraka? Adakah tertulis di Al-Quran mengenai tindakan konkret Allah SWT untuk menolong Anda selamat dari neraka?
~
Staff TN

Gandhi Waluyan

~
Saya membaca Alkitab itu dengan logika dan pengertian yang diinginkan penulis. Saya koreksi ayat yang anda sampaikan, bukan Lukas 16:9, tapi 6:9.

tn-komentar1

~
Saya berterima kasih karena Anda telah memberikan koreksi. Sekalipun koreksi tersebut belum benar. Sebab yang benar adalah Lukas 6:19. Saya menghargai hal ini. Ini berarti Anda melakukan pemeriksaan ayat tersebut. Saya mohon maaf terpaksa menghapus sebagian komentar Anda karena tidak sesuai dengan pembahasan artikel di atas. Lagi pula, Anda belum menjawab pertanyaan saya.

Mengapa Al Muhaymin dalam Islam memasukan anda ke neraka? Apakah Allah SWT bisa memelihara jiwa Anda dari neraka? Adakah tertulis di Al-Quran mengenai tindakan konkret Allah SWT untuk menolong Anda selamat dari neraka? Bagaimana?
~
Staff TN