Bagaimana Cara Mukmin Menghindari Tujuh Pintu Neraka?

pintu besarSetiap kita membuka dan melewati puluhan pintu setiap hari. Biasanya, kita tidak merasa takut atau bimbang melakukannya.

Tetapi, terkadang kita tidak mau masuk ke dalam suatu pintu. Mungkin kita tidak mau berinteraksi dengan seseorang di dalamnya, seperti bos atau musuh. Atau mungkin sudah tahu situasinya dan tidak ingin menghadapinya – takut dipecat, perselisihan dengan isteri/suami, harus menegur sahabat, dll.

Ada pintu-pintu lain yang sangat menakutkan – yaitu pintu-pintu neraka. Bagaimana cara Mukmin dapat menghindari tujuh pintu neraka?

Sifat Tujuh Pintu Neraka 

Menurut ajaran Islam ada tujuh pintu neraka.

  • Neraka Jahanam – Jahanam adalah pintu pertama di neraka. Hukuman di sini yang paling ringan, tapi masih sangat mengerikan. Muslim akan masuk ke dalam pintu ini. “. . . kecuali jalan ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya” (Qs 4:169).
  • Neraka Sair – Api dalam pintu ini selalu membakar para penghuninya dan tidak pernah padam. “. . . mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)” (Qs 4:10).
  • Neraka Ladha – Api dapat memakan daging dan tulang. “. . . Kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala” (Qs 92:14).
  • Neraka Saqar – Api memakan daging, bukan tulang. “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)” (Qs 74:42)?
  • pintu nerakaNeraka Huthamah – Api itu membakar mulai dari telapak kaki sampai ke hati dan melontarkan bunga api sebesar istana. “Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? Api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati” (Qs 104:5-7).
  • Neraka Jahim – Api selalu menyala-nyala karena onggokan-onggokan baranya sedemikian besar. “. . . diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat” (Qs 26:91).
  • Neraka Hawiyah – Inilah yang paling bawah dan mengerikan. Tidak mungkin orang bisa keluar dari tingkatan ini. “Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? Api yang sangat panas” (Qs 101:9-11).

Jelas, neraka sangat mengerikan dan berkelanjutan selama-lamanya. Adakah kemungkinan seseorang dapat menghindari tujuh pintu neraka ini? Sampaikan jawaban Anda di sini.

Satu Cara Menghindari Tujuh Pintu Neraka

Menurut Kitab Allah, hanya ada satu cara untuk menghindari semua pintu neraka di atas, yaitu Isa Al-Masih. Isa mengatakan, “Akulah [Isa Al-Masih] pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat . . . Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan” (Injil, Yohanes 10:9-10).

isa al-masih mengajarIsa tidak hanya datang sebagai Pengingat. Isa berkuasa untuk menyelamatkan manusia dan memberikan kita hidup dalam segala kelimpahan selama-lamanya! Silakan mengemail kami jika Anda ingin mengalami hidup dan kelimpahan ini.

Isa sudah wafat untuk menggantikan hukuman dosa Anda agar tidak harus masuk ke salah satu pintu neraka. Ia rela mengampuni dosa Anda jika percaya kepada-Nya. Anda tidak harus takut kematian lagi, karena pasti tahu akan masuk ke dalam pintu sorga.

Fokus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf Takut Neraka berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana perasaan Saudara ketika mendengar tentang tujuh pintu neraka? Mengapa?
  2. Menurut Saudara, pintu yang mana Anda akan masuk ketika mati? Mengapa?
  3. Adakah cara lain selain Isa untuk menghindari semua pintu neraka? Jelaskan!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas atau ketakutan akan neraka maaf bila terpaksa kami hapus.

Ditulis oleh: Kaleb

32
Meninggalkan Komentar

1000
16 Comment threads
16 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
16 Comment authors
  Subscribe  
Beritahulah
rama

*****
1. Takut, karena siksaanya sangat pedih
2. Hanya Tuhan yang tahu
3. Berusaha untuk selalu melakukan semua perintah Tuhan dan menjauhi semua larangan Tuhan.

tn-komentar1

*****
1. Anda memberikan pernyataan yang menarik, yaitu takut. Padahal umat Islam mengklaim bahwa Islam adalah agama yang diridhoi Allah SWT. Bila Islam adalah agama yang diridhoi Allah SWT, maka apakah anda pun pasti masuk neraka? Dapatkah anda menjelaskan ini?
2. Kalau Tuhan yang tahu, apa gunanya kitab suci? Bukankah kitab suci diberikan agar pemeluk agama memiliki kepastian masuk sorga? Dapatkah anda menjelaskan hal ini lebih jauh?
3. Apakah anda sanggup melakukan semua perintah Allah dengan sempurna dan tanpa cacat? Bagaimana anda menjelaskan ini?
~
Staff TN

Imam taufik

~
As’salamualaikum wr..wbr.,

Mohon bimbingannya kepada saudara umat Islam. Saya ini adalah manusia yang sangat pendosa. Saya ingin tips dan masukan “dari saudara” semuanya. Tolong bimbing saya dan beri saya sedikit ilmu agama, agar saya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Walaupun itu sulit sekali dan mustahil buatku. Tolong setidak-tidaknya saya dikasih saran-sarann dari saudara-saudara umat Islam semua. Terima kasih banyak atas kesempatannya. Amin.

tn-komentar1

~
Menarik sekali permintaan Anda. Semua manusia adalah pendosa. Tidak ada manusia yang tidak berdosa, termasuk saya. Meminta tips kepada manusia berdosa hanya mendatangkan kesia-siaan. Tetapi memohon rahmat dan pertolongan dari Allah mendatangkan manfaat.

Saya bertanya kepada Anda. Manakah yang lebih berguna bagi Anda, mendapatkan nasihat dari Allah atau dari manusia? Dapatkah Anda menjelaskannya? Bagaimana?
~
Staff TN

Hamba Allah

~
Ajaran Kristen seenaknya bilang Isa Al-Masih wafat untuk menebus dosa anda. Jadi, kalau begitu aku memperkosa, membunuh istri anda apakah aku berdosa atau tidak? Kalau memang Isa Al-Masih wafat untuk menebus dosa-dosa anda, maka semua orang bisa membunuh, memperkosa tanpa ada dosa begitu, bukan? Tahu dari mana nabi yang sangat kuhormati Isa Al-Masih wafat?

Nabi Isa Al-Masih tidak wafat. Dia diangkat ke langit ke-2 karena ada kesalahan pada umatnya yang telah menganggapnya sebagai Tuhan! Nabi Isa Al-Masih akan diturunkan oleh Allah SWT setelah Dajjal datang merusak bumi dan dia turun bukan sebagai nabi, tetapi sebagai umat Rasulullah Saw. Saya rasa itu cukup jelas. Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa.

tn-komentar1

~
Hakikat manusia sesungguhnya adalah berdosa. Ini bukan soal tindakan, melainkan natur atau hakikat. Jika hakikat manusia berdosa, maka apapun yang dipikirkan dan dilakukan kecenderungannya adalah berdosa. Anda memperkosa dan membunuh adalah dosa. Karena itu, setiap orang berdosa tidak dapat menyelamatkan diri sendiri dengan amal ibadah atau perbuatan. Hanya Isa Al-Masih yang dapat menyelamatkan manusia dari dosa.

Namun, setiap orang yang telah diselamatkan bukan berarti bebas berbuat dosa. Ini adalah pemahaman dan pemikiran yang keliru sekali. Sebaliknya, setiap orang yang telah diselamatkan mesti melakukan firman Isa Al-Masih, yaitu mengasihih Allah dan manusia. Pertanyaannya, mungkinkah orang yang mengasihi Allah dan manusia tega untuk memperkosa dan membunuh? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskan?
~
Staff TN

Elbezai

~
Islam jalan penyelamat dari pintu neraka.

tn-komentar1

~
Amat sulit menghindari tujuh pintu neraka. Bukankah Al-Quran yang menyatakan tujuh neraka itu? Jika Islam adalah jalan penyelamat dari pintu neraka, mengapa Al-Quran menyatakan semua masuk neraka?

“Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.” Lalu, apa dasar Anda menyatakan kalau Islam adalah jalan penyelamat? Bagaimana?
~
Staff TN

hamba Allah

~
Benarkah Isa Al-Masih Tuhan dan bisa menyelamatkan manusia?

Tuhan cuma satu, yaitu Allah Swt. Asal berdoa dengan sungguh-sungguh dan istiqomah, pasti dikabulkan. Lakukan yang diperintahkan dan jauhi larangan-Nya. Dengan mengharapkan ridho-Nya dan yakin, suatu saat bisa bertemu dengan Allah Taala.

tn-komentar1

~
Benar yang Sdr. Hamba Allah katakan. Isa Al-Masih berkuasa menghindarkan seseorang, termasuk Anda dan saya, dari siksa tujuh pintu neraka.

Isa berkata, “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil Yohanes 8:12).

“Terang hidup” yang dimaksud adalah terang sorgawi. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana cara Isa memberi jaminan tersebut, Anda dapat mengirim email kepada kami.
~
Staff TN

Imam ghozali

~
Aku akan menjawabmu dengan detail perhatikan dengan baik dan jelas jawabannya adalah nabi muhammad pernah bersabda agamamu agamamu, agamaku agamaku. Sekian. Wassalam.

tn-komentar1

~
Pernyataan agamamu adalah agamamu, agamaku adalah agamaku merupakan pernyataan dari ketidakmampuan untuk menjawab problema atau pertanyaan yang muncul. Misal, Al-Quran telah memberikan kepastian masuk neraka (Qs 19:71-72). Tentu sebagai agama yang diridhoi Allah SWT seharusnya tidak dimasukan ke neraka, bukan? Nah, ketika muncul pertanyaan, mengapa Allah SWT memasukkan Anda ke neraka? Bagaimana jawaban Anda? Barangkali jawaban terakhir yang keluar adalah agamamu adalah agamamu, agamaku adalah agamaku, tanpa memberikan jawaban jelas dan konkret.

Karena itu, tidak mudah menghindari tujuh pintu neraka. Kenapa? Karena Al-Quran tidak memberikan solusi konkret bagaimana menghindari tujuh pintu neraka. Hanya Isa Al-Masih yang dapat menghindarkan manusia dari tujuh pintu neraka. Saya berharap ini menjadi bahan pemikiran dan refleksi Anda.
~
Staff TN

supriyadi

~
Ini laman sangat aneh. Nampak seperti dakwah Islam memperingatkan tentang nereka, tapi yang dipromosikan tentang keselamatan mempercayai Yesus. Memangnya dengan mempercayai Yesus sebagai TUHAN itu akan menghindarkan diri dari neraka? Justru dengan mengakui Yesus (Isa Al-Masih sebagai Tuhan, maka Yesus melaknat umat Kristiani). Silakan baca Matius 7:21.

tn-komentar1

~
Supriyadi,

Isa Al-Masih memberikan kepastian masuk sorga. Ini yang saya temukan dalam Injil. Isa Al-Masih berfirman, “Dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” (Yohanes 10:28). Dengan demikian, kita mengetahui kalau Isa Al-Masih memberikan jaminan pasti masuk sorga. Ini adalah satu-satunya cara menghindari neraka. Malah Matius 7:21 merupakan penegasan terhadap Ketuhanan Isa Al-Masih. Silakan dibaca mulai ayat 15.
~
Staff TN

hamba Allah

~
Astaghfirullah! Hati-hati umat Islam ini jebakan. Mereka merangkai kata seperti ini. Hati-hati. Tetaplah teguh pada imanmu. Allah SWT adalah Tuhan sebenarnya. Jangan tertipu oleh orang-orang kafir.

tn-komentar1

~
Saya tidak melakukan jebakan apapun. Anda bisa membaca seluruh artikel yang terdapat pada situs ini. Tidak ada jebakan sama sekali. Namun, saya berusaha mengungkap fakta dan kebenaran yang barangkali belum pernah diketahui sebelumnya. Berharap Anda berkenan mempelajari hal itu.

Saya tanya Anda. Bagaimana cara Anda menghindari pintu neraka?
~
Staff TN

Ariadi

~
Kuasa Allah atas ridhonya bahwa manusia akan dimasukkan ke dalam surga atau neraka. Ada amal yang dilakukan manusia adalah bukti ketaatan hamba pada Allah untuk melaksanakan perintah-Nya seperti sholat, zakat, puasa dan haji dan amal kebaikan terhadap sesama. Lailaha illalahu muhammadarrosullullah (persaksian Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rosul Allah) sudah dijamin akan masuk sorga. Tinggal berapa banyak amal yang mendekatkan dirinya pada Allah Apakah karena takut neraka atau mengharap surga. Atau karena mencari Ridho Allah SWT.

Ataukah karena mahluk seperti ingin dianggap orang saleh karena banyak ibadah, ingin dianggap dermawan karena banyak harta yang diderma atau disedekahkan. Semua itu akan sia-sia di hadapan Allah dan akan dianggap dusta oleh Allah SWT. Hanya akan dilempar ke dalam nerakanya. Terserah anda mau mengikut nabi yang mana, itu cuma cara. Tapi Nabi Muhammad SAW adalah penutup nabi yang menyampaikan ajarannya untuk sekalian alam bukan hanya umat tertentu.

tn-komentar1

~
Harta dan amal tidak bisa menjamin manusia bisa masuk sorga. Hanya Allah yang dapat menolong manusia bisa bebas dari pintu neraka. Jika amal bisa menolong manusia, maka orang kaya adalah orang pertama yang dapat masuk sorga. Tetapi faktanya orang kaya pun tidak memiliki kepastian masuk sorga. Yang menarik untuk disimak bahwa Muhammad pun tidak tahu keselamatannya di akhirat (Qs 46:9).

Ini menjadi pertanyaan, bukan? Saya bertanya kepada Anda. Bagaimana cara Anda menghindari pintu neraka?
~
Staff TN

Ashraf

~
Jangan konyol. Kita bebas berbuat maksiat lalu berharap ada Juruselamat. Yang bener saja. Cerdas sedikit.

tn-komentar1

~
Saya tidak pernah berpikir bahwa kita bebas berbuat maksiat lalu berharap ada Juruselamat. Saya kira pemikiran demikian adalah pemikiran keliru dan menyesatkan. Menerima rahmat Allah berupa jaminan pasti masuk sorga bukan berarti bebas berbuat maksiat. Sebaliknya, menerima keselamatan dari Allah mempunyai tanggung jawab untuk menjauhi maksiat.

Saya tanya Anda. Bagaimana cara Anda menghindari neraka?
~
Staff TN

Oop

~
Isa Al-Masih adalah manusia biasa. Dia bukan Tuhan karena Tuhan saya hanya Allah SWT. Maka dari itu yang menyelamatkan saya hanya Allah SWT.

tn-komentar1

~
Saya menghargai pendapat Anda. Tidak mengakui Isa Al-Masih adalah Tuhan merupakan hak Anda juga. Demikian juga ketika Anda menyatakan bahwa Allah SWT yang menyelamatkan Anda merupakan hak Anda. Namun, yang perlu Anda pikirkan dan buktikan adalah dari mana Anda tahu bahwa Allah SWT yang akan menyelamatkan Anda? Adakah Al-Quran memberikan jaminan pasti masuk sorga? Bukankah Allah SWT yang menjamin Anda pasti masuk neraka (Qs 19:71-72)? Bagaimana menurut Anda?
~
Staff TN

Andi andari akhar manggabarani

~
Suatu hari Nabi Musa bertanya…. Ya Allah, engkau ciptakan neraka padahal engkau maha pengasih. Seharusnya mereka semua masuk SurgaMU saja. Tuhan pun memberikan Firmannya agar dia berjalan ke suatu tempat. Di sanalah dia dipertemukan dengan seorang petani yang sedang panen gandum. Dilihatnya dengan seksama bahwa biji gandum yang baik disimpan dan dikemas dalam tempat yang baik pula, sementara yang jelek dibakarnya. Nabi Musa pun bertanya. Kenapa gandum yang ini dibakar? Petani pun menjawab, buat apa kalau tidak berguna dan tidak bermanfaat dibakar saja.

Jadi kalau ada anggapan bahwa kenapa orang Islam ada juga yang masuk neraka padahal kitabnya adalah penyelamat, maka ini bisa jadi renungan, bahwa Islam pun kalau punya salah bagiannya neraka walaupun pada akhirnya nanti, setelah dosanya sudah dibersihkan, maka akan kembali ke Surga. Syaratnya cuma satu. ALLAH itu Esa. Tidak beranak, tidak diperanakkan. Barangsiapa yang berpaham dia punya anak. Insya Allah kekal di balik pintu neraka.

tn-komentar1

~
Saya menghargai kisah di atas. Sekalipun tidak ada sumber yang dicantumkan oleh saudara. Tidak dicantumkannya sumber tersebut, bisa saja itu dianggap sebuah imajinas. Sebab faktanya Al-Quran menyatakan secara jelas bahwa Muslim pasti masuk neraka baik bertakwa ataupun tidak. Hal ini pun telah diakui oleh saudara, sekalipun saudara memiliki pemikiran suatu saat akan keluar kalau dosanya sudah dibersihkan.

Saya bertanya kepada Anda. Mengapa orang bertakwa pun masuk neraka?
~
Staff TN

Gatot

~
“Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut” (QS. Maryam: 71 – 72). Karena yang kekal di neraka, hanyalah orang kafir (Tafsir as-Sa’di, hlm. 498).

tn-komentar1

~
Gatot,

Saya menghargai pendapat Anda tersebut. Sekalipun pendapat tersebut belum memiliki bukti konkret dari ajaran Muhammad. Sebab Al-Quran telah menyatakan bahwa semua Muslim pasti masuk sorga (Qs 19:71). Kalaupun narasi di ayat 72 menyatakan akan menyelamatkan orang-orang bertakwa dari neraka, bukankah ini menandakan bahwa orang bertakwa pun masuk neraka. Bukankah ini menjadi pertanyaan besar? Mengapa orang bertakwa dimasukkan juga ke neraka? Mohon pencerahan.
~
Staff TN

Gandhi Waluyan

~
Hanya umat Muslim yang pada akhirnya nanti menghuni surga. Orang kafir semua kekal di neraka yang paling dalam. Karena hanya umat Muslim yang tidak menyekutukan Allah dengan yang lain. Kalau kafir ada yang menyembah dewa, menyembah manusia lemah tak berdaya dll. Dari mana pun pintu neraka yang umat Muslim lalui setelah seluruh dosanya dicuci, baru mereka memasuki surga yang kekal.

tn-komentar1

~
Saya menghargai pendapat Anda tersebut. Sekalipun pendapat tersebut hanya asumsi semata dan tidak ada bukti konkret dari Al-Quran. Sebaliknya, Al-Quran menyatakan bahwa Muslim dipastikan masuk neraka (Qs 19:71-72). Bukankah Al-Quran juga menyatakan bahwa orang berdosa kekal di neraka (Qs 43:74)? Muslim adalah manusia berdosa. Pertanyaannya, bagaimana cara Muslim menghindari dan terhindar dari neraka? Bagaimana?
~
Staff TN

Arka

~
Anda ingin tahu jawaban mengapa Islam ada yang bisa masuk neraka, anda harus memperdalam ilmu agama Islam, dan tanya kyai, karena jika saya yang menjelaskan di sini anda pasti punya bantahan yang lain, bukan? Oleh sebab itu, agar pemahaman anda tentang akhirat bisa benar/tidak keliru anda harus banyak baca makna Quran diresapi dalam hati, karena jika saya yang menjelaskan saya belum tahu banyak ilmu tentang agama. Bisa-bisa saya nanti kalah bicara dengan anda umat Kristen.

tn-komentar1

~
Arka,

Saya pikir bahwa Anda mampu menjawab pertanyaan tersebut. Alih-alih memberikan jawaban yang pasti dan tepat, saudara hanya mampu memberikan rujukan tanpa tahu apakah yang disampaikan oleh saudara adalah benar atau tidak. Sebab kyai pun tidak akan sanggup menjawab pertanyaan tersebut. Sebab Allah SWT tidak pernah memberikan jaminan masuk sorga. Saya bertanya kepada anda. Tertulis dimanakah dalam Al-Quran bahwa Muslim pasti masuk sorga?
~
Staff TN

Gandhi Waluyan

~
Staff TN,

Yang saya sampaikan bukan asumsi seperti anda. Tapi berdasarkan Al Quran. Itu bisa anda lihat pada Qs 19:71-72 semua orang mendatangi (melewati) neraka untuk menuju surga. Bagi kafir akan kekal di neraka. Sedangkan Qs 43:74 sebaiknya anda baca ayat-ayat sebelumnya dan sesudahnya. Itu juga mirip dengan Qs 19. Dalam Matius 7:21-23 juga jelas mengatakan bukan setiap orang yang memanggil Yesus TUAN (LORD bukan GOD) akan masuk ke dalam kerajaan surga. Artinya Kristen juga tidak ada jaminan. Kunci sama melakukan kehendak Allah, bukan kehendak Paulus.

tn-komentar1

~
Gandhi,

Surah Maryam 71-72 sudah menegaskan bahwa anda masuk neraka. Tidak ada jalan keluar bagi saudara selain menerima keputusan Allah SWT untuk anda. Bila anda mencoba menjadi orang bertakwa pun, maka konsekuensi logisnya adalah anda masuk neraka. Hal ini dipertegas dengan Qs 43:74 di mana orang berdosa kekal di neraka. Saya yakin bahwa anda adalah orang berdosa, maka anda kekal di neraka. Hal ini mengacu pada ayat-ayat Al-Quran di atas. Saya bertanya. Bagaimana cara anda bisa pasti masuk sorga? Tertulis dimanakah itu dalam Al-Quran?
~
Staff TN